Pages

MONTHLY FINANCIAL PLANNER

Friday, June 9, 2017

Hello Everyone :)


Siapa diantara kalian yang masih suka kehabisan uang padahal tanggal gajian masih lama? Atau merasa susah banget nabung? Atau pas ditengah bulan tiba-tiba uang di dompet tinggal beberapa lembar aja dan ga tau uangnya udah dihabisin kemana aja T___T. Kebiasaan kayak gitu gak baik loh guys, nanti malah bikin kamu susah sendiri.


Kali ini saya mau kasih tips nih yang sudah saya rangkum dari hipwee.com untuk kalian agar kalian bisa mengelola keuangan dan
 menabung. Check this out :)



1. Menabunglah di Tanggal Gajian. Jangan Tunggu Sampai Ada Sisa di Akhir Bulan, Karena Akui Saja, Belum Tentu Uangmu Akan Sisa.
Setiap kali menerima uang gaji atau uang bulanan dari orangtua, selalu sisihkan uang yang harus kamu tabung di awal. Jangan tunggu sisa pemakaian selama satu bulan, karena akuilah, belum tentu uangmu itu akan bersisa. Selalu saja ada pengeluaran keinginan tak terduga yang membuatmu jadi berlaku konsumtif dan boros.

Ini strategi yang bisa kamu terapkan: tentukan berapa nominal minimal yang harus kamu tabung, lalu gunakan sisanya untuk keperluanmu sehari-hari. Bisa juga kamu buat perkiraan kebutuhan biayamu selama satu bulan, lalu masukkan sisanya ke dalam rekening tabunganmu.

2. Gunakan Fasilitas Autodebit dari Bank. Setiap Terima Gaji, Kamu Akan Otomatis Menabung!
Awal bulan setelah menerima gaji memang penuh dengan godaan. Tak jarang, euforia merayakan hari gajian membuatmu lupa untuk menabung. Akibatnya, baru dua hari gajian, uangmu sudah terpakai banyak! Nah, jika kamu sering mengalami permasalahan seperti ini, maka jangan ragu untuk menggunakan sistim auto debit di rekening bankmu. Setiap kali uang gajimu masuk ke dalam rekeningmu, maka secara otomatis uang gajimu akan terkirim ke rekenaing tabunganmu. Lebih praktis dan lebih aman!

3. Tetapkan Pecahan Uang Rupiah Tertentu (Rp. 5.000, Rp. 20.000) Sebagai Lembaran Uang yang Harus Kamu Simpan
Cara unik ini bisa juga kamu terapkan. Fokus menyimpan uang pecahan tertentu bisa menjadi alternatif menabung yang mudah. Setiap kali mendapatkan uang pecahan 20.000 atau 5.000, langsung sisihkanlah uang itu untuk ditabung. Agar tidak terlalu berat, lakukan saja ini satu kali dalam sehari.

Jumlah uang yang pas — tak terlalu kecil dan tak terlalu besar — yang kamu tabung setiap harinya akan membuat simpananmu cepat gendut. Kamu juga mungkin akan merasa lebih seperti “main-main” daripada sedang menabung, sehingga usaha menabungmu akan terasa lebih ringan.

4. Cerdas Kelola Uangmu. Catat Selalu Kemana dan Untuk Apa Saja Kamu Menggunakan Uangmu.
Catat dan monitori baik-baik semua transaksi keuangan yang kamu lakukan selama satu bulan. Kamu bisa melakukan monitoring terhadap pengeluaran uangmu dengan menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi pengaturan keuangan yang bisa kamu unduh melalui ponsel pintarmu.

Dengan mencatat dan memonitor semua kegiatan keuanganmu, kamu jadi bisa membuat anggaran uang tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa tahu pemborosan apa yang sudah kamu lakukan, sehingga kamu tahu apa saja yang harus kamu hemat. Memonitor segala kegiatan keuangan bisa membuatmu tahu seberapa borosnya dirimu, sehingga kamu bisa jadi lebih bijak lagi dalam menggunakan uangmu.

5. Buatlah Anggaran Pengeluaran Per Hari Dengan Rinci. Jangan Langgar Peraturanmu Sendiri.
Merencanakan anggaran pengeluaran setiap hari adalah langkah mudah untuk mengontrol seberapa banyak kita belanja. Kamu tak akan belanja barang-barang yang tidak perlu karena itu akan membuatmu mengeluarkan uang melebihi batas anggaranmu. Alhasil, kamu pun akan terhindar dari perbuatan boros yang selama ini selalu menggagalkan rencanamu untuk menabung.

Kuncinya adalah selalu mematuhi anggaran yang kamu buat sendiri ini dan konsisten. Ingat, sekali saja kamu melanggarnya, semakin mudah pula bagimu untuk melanggar lagi kali kedua atau ketiga. Jadi jangan sekali-kali anggap remeh patokan anggaran pengeluaranmu ini. Dengan ini kamu akan terpacu supaya bisa menyisihkan uang dengan jumlah yang sama tiap bulannya.

6. Setiap Keluar, Selalu Bawa Lebih Sedikit Cash dari yang Sebenarnya Kamu Punya. Makin Banyak Uang yang Kamu Pegang, Makin Mudah Kamu Tergoda Belanja
Kalau selama ini kamu sulit menabung karena kebiasaan belanjamu yang agak boros, coba deh terapkan trik ini. Saat pergi ke luar rumah untuk kegiatan sehari-hari, bawalah uang secukupnya saja. Tidak usah bawa uang berlebihan. Dengan itu, kamu nggak akan tergoda untuk membelanjakan semua uang yang kamu punya. Dengan tidak berlaku konsumtif, kamu pasti bisa berhemat lebih banyak. Hasilnya? Kamu punya lebih banyak uang yang bisa kamu tabung. Yes!

7. Pisahkan Uangmu Sesuai Fungsinya
Bagilah uang pendapatanmu menurut fungsinya masing-masing. Pisah-pisahkan menjadi beberapa fungsi, yaitu untuk menabung, belanja, kebutuhan sehari-hari, uang sedekah, darurat, senang-senang demi menjaga kewarasan, dan lain-lainnya.

Dengan membaginya menurut fungsinya masing-masing, kamu jadi lebih bisa mengontrol keuanganmu sendiri. Jika terdapat sisa uang di setiap anggaran pengeluaran tadi, bisa kamu simpan kembali ke dalam tabunganmu, kamu jadi bisa menabung lebih banyak lagi!

      Dan untuk membantu kalian memulai mengontrol keuangan, saya punya Printable Monthly Financial Planner yang bisa kalian download disini dan print untuk mencatat semua pengeluaranmu, jadi kalian bisa memonitor pengeluaran dan kemana saja uang kalian dihabiskan. Cara ini bisa membantu mencegah kalian kehabisan uang di akhir bulan dan menabung :)

Printable Monthly Financial Planner (July 2017 - June 2018)





------------------------------
Details
- Format file: PDF
- Size : A4
- Software: Adobe Illustrator

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS